Piala Dunia adalah event yang tidak akan dilewatkan oleh para penggila bola di seluruh dunia. Secara teknis, final Piala Dunia menarik karena di sinilah dua tim terbaik bertanding memperebutkan gelar juara.

Akan tetapi, seperti halnya semua tontonan menarik, beberapa pertandingan final Piala Dunia yang dianggap terbaik atau dramatis bukan hanya didasarkan pada faktor kehebatan tim yang bertanding semata, melainkan juga karena momen-momen dramatis, mengagumkan dan menghebohkan yang terjadi serta membuat pertandingan sepak bola biasa berubah menjadi panggung pertunjukan dan bahkan medan perang (tidak secara harfiah tentu).

Berikut adalah beberapa pertandingan final Piala Dunia yang dianggap terbaik sekaligus dramatis karena meninggalkan kenangan tersendiri di kalangan pecinta sepak bola di dunia.

1. Uruguay-Brazil, 1950
Ini adalah ajang yang membawa euforia untuk rakyat Uruguay, namun kepahitan bagi rakyat Brazil. Saat itu, tim Brazil nampaknya memiliki kans sangat besar untuk menang; selain karena tim ini tinggal membuat skor imbang agar bisa memenangkan Piala Dunia (bandingkan dengan Uruguay yang benar-benar harus mencuri kemenangan), Brazil juga bermain di kandang sendiri.

Akan tetapi, tim Uruguay berhasil mencetak skor kemenangan di menit ke-79 dan secara dramatis mengakibatkan gelombang kesedihan bahkan bunuh diri di kalangan fans di Brazil. peristiwa tersebut bahkan mendapat nama sendiri yaitu Maracanazo, yang dianggap sebagai masa berkabung di dunia sepak bola Brazil.

2. Hungaria-Jerman Barat, 1954
Ini adalah pertandingan yang membuat rakyat Jerman hingga saat ini mengingatnya sebagai Mukjizat di Bern. Pasalnya, saat itu, tim Jerman Barat nampaknya bertanding sebagai tim yang paling tidak dijagokan dibandingkan Hungaria.

Selain karena Hungaria sudah mengantungi rekor kemenangan di 31 partai pertandingan, tim Hungaria di bawah asuhan pelatih Gusztav Sebes saat itu menerapkan strategi yang cukup revolusioner yang bahkan berhasil menggilas tim-tim kuat seperti Inggris dan Brazil. Saat final pun, tim Jerman Barat nampaknya akan kalah.

Akan tetapi, ketika hujan mendadak turun, pemain Jerman Barat segera memanfaatkan kondisi cuaca untuk berbalik menggilas Hungaria sehingga akhirnya Jerman Barat meraih kemenangan dengan skor 3-2.

3. Brazil-Italia, 1970
Ada banyak hal bersejarah dan menarik yang bisa dicatat dari Piala Dunia tahun 1970; mulai dari fakta bahwa inilah pertandingan Piala Dunia pertama yang diadakan di Amerika Tengah tepatnya Meksiko, diberlakukannya berbagai sistem baru seperti pergantian pemain maksimal dua, kartu merah dan kuning serta sistem selisih gol, dan peristiwa nyaris hilangnya piala Julet Rimes lantaran dicuri oleh seorang penonton.

Akan tetapi, final Piala Dunia tahun 1970 ini juga cukup seru karena menandai rekor Pele sebagai pemenang Piala Dunia untuk ketiga kalinya sekaligus mengukuhkan posisi tim Brazil sebagai salah satu tim sepak bola terbaik sepanjang masa. Saat itu, Brazil mengalahkan Italia 4-1.

4. Argentina-Jerman Barat, 1986
Secara keseluruhan, sebenarnya seluruh pertandingan Piala Dunia 1986 merupakan salah satu hal yang patut dicatat dalam sejarah terutama bagi rakyat Argentina; apa lagi kalau bukan karena naiknya bintang Maradona yang untuk pertama kalinya menunjukkan ‘Gol Tangan Tuhan’ yang terkenal.

Pertandingan final antar Argentina dan Jerman Barat pun dianggap cukup seru dan menegangkan, dengan skor akhir 3 untuk Argentina dan 2 untuk Jerman Barat. Walaupun Maradona tidak membuat gol di final, tetapi umpan-umpannya yang akurat berhasil membantu rekan setimnya seperti Jorge Burruchaga membuat gol.

Setelah pertandingan usai, seluruh rakyat Argentina berpesta dan mengelu-elukan Maradona, merayakan naiknya pamor Argentina dalam ajang sepak bola dunia.