Klub Roma sebagai salah satu klub sepak bola di Italia yang cukup terkenal memiliki nama asli yakni Associazione Sportiva Roma SpA. Serupa dengan klub-klub lainnya, klub Roma juga memiliki julukan dari para penggilanya.

Beberapa diantara julukan Roma yang cukup terkenal diantaranya adalah La Magica (Magis), Il Giallorossi (Kuning Merah) dan Il Lupi (Si Srigala). Klub Roma berdiri pertama kalinya pada tanggal 22 Juli 1927 dan didirikan oleh Italo Foschi.

Roma memiliki stadion bernama Stadio Olimpico Roma, Italy yang mampu menampung kapasitas 82.700 orang. Presiden Klub Roma adalah Rosella Sensi dengan pelatihnya bernama Luciano Spalletti.

Dalam sejarahnya Associazione Sportiva Roma yang didirikan pada tahun 1927 oleh seorang bernama Italo Foschi merupakan hasil merger tiga dari klub Roma yang telah didirikan sebelumnya, yakni Roman, Klun Alba-Audace dan Fortitudo. Merger ketiga klub tersebut merupakan inisiatif ide dari seorang diktator fasis terkenal asal Italia, yakni Benito Mussolini.

Tujuan utamanya adalah membentuk sebuah klub yang kuat asal ibukota yang mampu mengakhiri dominasi dari klub-klub bagian utara Italia saat itu.

Di tahun pertamanya Roma berdiri sebagai sebuah klub profesional, Roma menjadikan Motovelodromo Appio sebagai stadion untuk permainan kandang mereka sebelum akhirnya pindah ke Campo Testaccio.

Stadion ini mulai dibuka pada bulan November 1929. Klub AS Roma sering diidentikkan dengan warna merah marun dan warna kuning keemasan, dimana warna tersebut mewakili warna tradisional dari kota Roma sendiri. Warna-warna tersebut diambil dari salah satu klub merger, yakni Roman Football Club.

Meskipun impian Benito Mussolini untuk menjadikan AS Roma sebagai klub yang kuat di Italia ternyata hingga kini belum kesampaian.

Semenjak didirikan pada tahu 1927, AS Roma belum mampu mewujudkan ambisi Benito untuk mematahkan dominasi dari klub-klub utara Italia. Hal ini dibuktikan, dalam rentang waktu hampir sembilan dekade lamanya, belum banyak prestasi yang mampu diraih oleh Klub ibu kota yakni AS Roma tersebut.

Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh AS Roma diantaranya adalah :

1. Di Kompetisi Serie A Italia, AS Roma hanya mampu berhasil menjadi juara kompetisi sebanyak tiga kali.
2. Sementara di ajang Kompetisi Coppa Italia, sembilan titel telah dikoleksi oleh AS Roma sebagai juara.
3. Di ajang Komptisi Piala Super Italia, AS Roma mampu memenangkan ajang ini tepatnya di tahun 2001 dan 2007 yang lalu.
4. Di Serie B, AS Roma juga pernah menjadi juara pada musim 1951/52.
5. Pada ajang kompetisi Internasional, AS Roma hanya mampu satu kali memenangi ajang bergengsi, yakni Piala UEFA pada musim 1960/1961.

Meskipun demikian, pada ajang kompetisi junior, Roma tampil dengan dominan. Pada even Campionato Nazionale Primavera, sedikitnya enam gelar telah berhasil dikantongi Roma. Sementara untuk Coppa Italia Primavera, Roma mampu memperoleh tiga titel juara. Dengan hasil ini, bermunculan lah bintang-bintang lapangan asal Roma, diantaranya adalah Danielle de Rossi dan Alberto Aquilani.

Ada beberapa hal menarik lainnya yang patut Anda ketahui mengenai AS Roma. Diantaranya adalah nomor punggung dari pemain Roma yang ke-6 secara resmi ditiadakan.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan bagi Aldair, yakni seorang pemain back asal Brasil yang telah membela Roma selama 13 musim tepatnya dari tahun 1990 hingga tahun 2003. Sementara logo dari Roma yang berbentuk seorang srigala merupan ilustrasi dari mitos Romulus dan Remus yang menjadi awal terbentuknya Kota Roma.