Apa itu Total Football? Bagi Anda para pecinta olah raga sepak bola, istilah ini tentunya bukan lagi sesuatu yang asing. Terlebih lagi jika Anda adalah seorang penggemar fanatik tim orange Belanda di lapangan hijau.

Total football di dalam bahasa Belanda disebut dengan totaalvoetbal. Total football sendiri merupakan salah satu strategi bermain di lapangan hijau yang diciptakan pertama kali oleh tim Belanda, yakni taktik permainan di lapangan yang memungkinkan seluruh pemain bertukar posisi atau permutasi posisi secara konstan dan terus menerus sambil berupaya menekan para pemain lawan yang sedang menguasai bola.

Dengan demikian, taktik tersebut mengharuskan sebuah tim diisi oleh para pemain yang memiliki skill dan kemampuan menyerang serta bertahan yang sama baiknya serta mempunyai stamina fisik yang prima untuk bisa tampil dengan kemampuan yang konstan selama 90 menit atau masa pertandingan berjalan.

Taktik bermain model total football tersebut untuk pertama kalinya dipopulerkan oleh klub di Belanda yakni Ajax Amsterdam sekitar tagun 1969 hingga 1973. Tim Nasional Belanda sendiri selanjutnya memilih gaya total football tersebut sebagai senjata mereka pada Piala Dunia tahun 1974. Gaya ini terus menjadi karakter khas tim Orange dan klub Ajax Amsterdam hingga masa kini.

Orang yang pertama kali memperkenalkan gaya total football itu sendiri adalah seorang pelatih klib Ajax Amsterdam yang bernama Rinus Michels. Kemudian seorang pelatih lainnya bernama Johan Cruijff melakukan modefikasi gaya tersebut saat melatih tim FC Barcelona.

Taktik bermain yang ditemukan oleh klub Ajax Amsterdam tersebut mencapai puncak kejayaan saat klub tersebut mampu mencetak rekor pertandingan yang selalu menang selama 46 kali masa pertandingan selama dua musim, yakni tahun 1971-1972 dan 1972-1973.

Tak hanya itu, berkat gaya baru yang ditemukan tersebut Ajax Amsterdam mampu meraih lima buah prestasi gemilang, diantaranya adalah (Juara Liga, Juara Piala KNVB,Juara Piala Champion, Juara Piala Super Eropa dan Juara Piala Interkontinental).

Karakter khas yang dimiliki Tim Nasional Belanda melalui gaya total football-nya tersebut menjadikan Belanda sebagai salah satu tim dunia yang banyak diunggulkan banyak orang. Termasuk mungkin kita sebagai masyarakat Indonesia. Meskipun Belanda telah dikenang menjajah Indonesia selama 350 tahun, namun tak sedikit saat ini orang Indonesia yang fanatik dengan tim orange tersebut.

Total football Belanda telah menjadikan negara ini menjadi jejak awal yang kemudian diikuti oleh negara-negara lainnya dalam menemukan strategi di lapangan hijau. Diantaranya adalah Italia dengan Catennacio-nya, klub Barcelona dengan Tika-Taka serta Inggris dengan gaya Kick n Rush-nya.

Bagaimana dengan Tim Nasional Indonesia? Bila ingin menjadi salah satu tim yang dipandang dunia, agaknya perlu ada gebrakan baru strategi di lapangan hijau untuk mengatasi kendala-kendala klasik para pemain nasional di lapangan.

Meskipun Liga Belanda yakni Eredivisie tidak mempunya tingkat popularitas liga sehebat Premier League-Inggris atau juga La Liga-Spanyol, namun kita tidak bisa memandang remeh soal kualitas para pemain Belanda. Mereka umumnya adalah para pemain yang memiliki kualitas induvidual cukup bagus di lapangan.

Pada musim Piala Eeuro tahun 2012 lalu, kiprah Belanda sebagai salah satu finalis Piala Dunia tahun 2010 yang lalu tersebut menuai hasil yang buruk. Yakni saat mereka bertemu dengan Jerman, Portugal dan Denmark yang menjadi grup neraka bagi Belanda.

Salah satu penyebab hal tersebut adalah akibat keberanian pelatih Bert van Marwijk yg merubah permainan Belanda dari gaya menyerang ke pragmatis.